19 December 2012

Detik-detik Kelahiran Aza

.....adalah salah satu kejadian yang paling menegangkan dalam hidup gw. Berusaha ga lebay dan ga cengeng dalam nulis ini, hehehe, bismillah..

Berawal dari akhir bulan Oktober 2012, usia kehamilan gw saat itu memasuki 36 minggu (9mo). Dari hasil kontrol rutin ke dr kandungan pengganti (dr Diahnya lg naik haji), tensi gw yang biasanya sekitar 110/70, tiba-tiba naik jadi 130/90, diceknya sampe dua kali, tp tetep ga berubah. Akhirnya gw disaranin tuk ngurangin makanan yg mengandung garam dan harus bedrest 2 hari. Yeukk, mariii..
Seminggu setelahnya, dr. Diah pun pulaang. Gimana tensi? tensi turunn jadi 110/70 lagi, TAPI, berat badan gw pun ikut turun, yang tadinya 67,5, jadi 65, dan yang paling horor berat badan anak bayi di dalam kandungan pun juga ikut turun yang tadinya 2560 jadi 2470 (turun 90gr, harusnya naik 200gr, hikssss), selain itu tali pusat gw naik jadi 0,72-0,75, mw nangis rasanya waktu itu =(( Walaupun tensi gw dah turun, dr. Diah khawatir ini gejala-gejala pre-eklampsia, akhirnya beliau minta gw cek darah+urine dan hasilnya harus dibawa pas gw kontrol lg minggu depan, gw juga diminta cek gerakan anak bayi ada 10kali atau tidak sebelum jam 12 siang dan setelah itu dicek per 2 jam sekali, gw juga diminta banyak2 makan dan ga boleh stres, gimana caranya dok T_____T"

Pulang dari kontrol, gw langsung kalap makan segala rupa, mulai dari susu, cheese cake, harvest dsb *kesempatan*, kqkqkq, doa gw cuma satu, gpp berat badan gw jadi naik drastis, jadi gendut, yang penting berat anak bayi gw naik, sehat, bisa asi *ehh lebih dari 1 itu ya doanya :p kalau untuk stres jangan ditanya lagi, nangis sesenggukan cuma bisa ke si Mas, kalo ke mama (gw dah mulai ngungsi ke rumah nyokap semenjak tensi turun, perintah nyokap udah ga bisa ditawar lagi, dah pake acara ngambek segala T____T") ada juga makin stres, lebih panikan beliau soalnya, hehehe..

Seminggu kemudian, hari Rabu, tanggal 14, jadwalnya gw cek lg ke dr. Diah dengan bawa hasil cek darah+urin yang beliau minta. Si Mas juga bela-belain izin kantor karena jadwal praktek si dokter pagi mulai dari jam 8. Masuk ruangan dokter, gw langsung ditanya hasilnya, gw keluarin, dan ternyata protein di urine gw kurang bagus, +3, dr. Diah pun langsung kaget, ternyata seharusnya negatif (-), huhuhu. Stelah itu, gw pun dicek via usg, alhamdulillah hasilnya bagus-bagus, sebelumnya gw ditimbang, berat badan gw naik 0,5 kg dan dari hasil usg berat anak bayi 500 gr, jadi 2900 gr, dan tali pusatnya balik normal jadi dibawah 0,7, yeaaaaay ^^

Cek n ricek selesai, diskusi lagi dgn si dokter, dari hasil urine tersebut ternyata gw positif pre-eklampsia, dan gw ga bisa lahiran normal, harus caesar, untuk nghindarin kejang-kejang pada saat melahirkan, dimana ga menutup kemungkinan gw juga bisa kejang-kejang pada saat melahirkan caesar. Caesarnya bisa dilakukan kapan saja, karena usia kehamilan gw udah mencukupi, 38w4d, tinggal tergantung kesiapan gw, tapi dr. Diah nambahin kalau bisa jangan terlalu lama, mumpung tensinya masih normal dan asupan makanan ke bayi masih normal =(

Shocckk?? pastinya! dari awal gw pengen melahirkan normal, walaupun ada rasa deg-degan+takut, tapi gw lebih ingin anak bayi gw bisa ASI sampai 2 tahun. Dengan wacana lahiran caesar, gw jadi takut, mules, khawatir, apa nanti ASI gw bisa keluar? dari hari pertama? IMD? trus gw jg tetap ada kemungkinan kejang-kejang, semua hal langsung muter-muter di kepala gw.

Tapi setelah dengar semua penjelasan dr. Diah, gw langsung jawab "dok, kalau caesarnya besok, dokter bisa?" dan dokter pun meng-iya-kan, dr. Diah juga jawab, "wah pas tahun baru hijriyah ya Pak?" ngobrol sm si Mas. Saat itu juga pikiran gw entah udah kemana, gw langsung ngambil keputusan kilat, gw ga peduli lahiran normal atau caesar, yang penting anak bayi gw sehat dan selamat dulu. Urusan IMD, ASI belakangan, yang penting gw mw ketemu anak bayi dulu, anak bayi yang ada di kandungan gw 9 bulan lebih ='( dan gw bersyukur bgt si Mas setuju dengan semua putusan yg gw ambil.

Pamit pulang sm dr. Diah, mw siap2 sebelum balik kerumah sakit lagi malamnya. Sempet-sempetnya kita makan dulu di Solaria, trus ke gramed, hehehe, si Mas dengan sabar nganterin gw kemana-mana =) Balik ke rumah, istirahat, jam 8 malam kita otw ke KMC, gw, Mas, bokap, nyokap.

Sesampainya di KMC, kita langsung ngurus administrasi. Gw kira sebelumnya akan ke kamar dulu. Ternyata gw langsung dibawa ke ruang observasi dan nginep disitu sampai operasi besok pagi. Ngapain aja di ruang observasi?  istirahat? tentu tidak, huhuhu..Masuk ruang observasi langsung CTG, ambil darah, cek tensi daaaan disuntik cairan anti kejang biar pada saat operasi tidak kejang2 *ketok-ketok meja*. Nama suntikannya magnesium sulfat, dimana setelah disuntikin sama susternya, seluruh badan panasnya kaya sauna tingkat tinggi, mulai dari bawah ke atas, ga mau lagi d, huhuhu.Selain itu infus juga mulai dipasang, baru d disuruh istirahat.

Selama di ruangan observasi ini si Mas juga ikut nungguin, untung administrasi rumah sakitnya baik, awal sesampainya di rumah sakit kan kita dah booking kamar rawat inapnya, tapi karena gw masuk ruang observasi dan mas juga nungguin disana, kamarnya bisa dicancel dan baru akan dihitung saat gw mulai masuk kamarnya ^^

Jujur, di ruang observasi gw cuma bisa tidur-tidur ayam. Untuk ngilangin gelisah, gw cuma bisa solat, baca doa, dan ngajak ngobrol anak bayi di dalem "sebentar lagi kita ketemu ya sayang, bunda sabar ko mau diapain juga dari tadi malam sampe selesai operasi, yang penting bunda bisa ketemu kamu dan kamunya sehat, bismillah semuanya normal dan kita berdua selamat, bisa IMD, ASI dan kolostrum bunda bisa langsung keluar begitu kamu dah ketemu bunda. Mungkin awalnya bunda masih aga canggung dgn kamu sayang, bantuin bunda ya sayang, kita sama-sama belajar,,bismillah untuk kita" Gw ngajak ngobrol sambil liat ayahnya bobo di kursi, huhuhu, BISMILLAH...

Akhirnya gw ketiduran juga,,bangun bangun karena ada suara pintu digeser, nyokap dah dateng, kalau ga salah waktu itu jam setengah 6. Eh iya ruang observasi ini letaknya di sebelah ruang operasi, jadi yang mau masuk harus ijin suster dulu, satu satu d. Ngobrol-ngobrol sama nyokap, kasian nyokap, mukanya sedih gitu ngliat tangan gw diinfus :') padahal dulu waktu SD gw hampir tiap tahun diinfus karena gejala tipes, hehe.. Si Mas trus keluar gantian sm Vira yang baru dateng, gw langsung curcol ttg suntikan anti kejang yang panasnya amboy itu, untung dr. Diah sm vira udah wanti2 sebelumnya ttg suntikan itu jadi setidaknya gw ga kaget-kaget amat. Si ade cuma bisa ketawa-ketawa aja, zzzzzz. Ga lama kemudian, gw udah dipersiapin untuk operasi, si mama sm vira langsung keluar setelah gw minta doa, trus bokap masuk. Tambah sedih, dari awal denger gw mw operasi, bokap dah diem aja, dan nanya, "ga ada cara lain selain operasi?" =( Puncaknya, setelah pamit sm bokap, gw juga dah dipindahin ke tempat tidur dorong, si Mas tiba-tiba nyamperin, gw langsung cium tangan, si Mas tiba-tiba meluk trus nyium pipi =((( daaan ujug-ujug gw sm Mas minta suster motoin kita, hehehe..

Masuk ruang operasi, bismillah.
Mulai deg-degan d. Trus ketemu dr. anastesinya, lupa namanya, sangaaaat baikkk, jawa tenannn, dan ngajak ngobrol trus, ya iyalah ki, hehehe...setelah disuntik, untuk bius dari dada ke kaki, gw dikasiy tau kalo tensi gw sempet 150/90 tapi ga lama kemudian jadi normal lagi, dan dr. anastesi tersebut bilang kalo tensi gw akan selalu dipantau, jadi ga boleh stres2 *tetep* kqkqkq.

Ga lama kemudian, dr. Diah dateng, nyapa gw, trus ternyata dr. Shirley pun jadi asistennya, nyapa gw jg, hihihi dua dokter favorit gw,,Operasipun dimulai. awalnya tegang, sampe gw nyadar, semua yang ada di ruangan itu ngobrol, gw akhirnya jadi ikut dengerin *daripada stres, hihihi* Nunggu, nunggu, nunggu. dr. Diah kemudian ngomong ke dr. anastesi yang ada di sebelah kiri gw "dok, tolong bantuin dorong donk" tak lama, si dokter dorong dari bawah dada gw ke arah perut gw yang ditutupi selembar kain hijau. Ga lama, meledaklah tangis seorang bayi ditelinga gw =') Subhanallah, Gw cuma bisa terdiam. Entah siapa yang bilang, kayanya dr. Diah "bayinya perempuan ki" gw pun berkaca-kaca =')

Ga lama si Mas dipanggil masuk untuk adzanin, trus bayinya dibawa ke dada gw untuk IMD, dr. anak yang standby namanya dr. Asri sabar mandu gw dan bayi untuk IMD dan sembari itu ngasi beberapa nasihat yang bagus ke gw dan si Mas tuk menjadi orangtua. IMD yang gw jalanin ternyata ga bisa berlangsung lama, ga sampai 1 jam, karena selama IMD si bayi yang terus dipantau suhu badannya, ternyata sempet turun suhu badannya. Saat dr. Asri bilang, "bu, suhu badan bayinya sempet turun, dibawa boleh?" gw tak peduli mengenai kurang 1 jamnya, yang penting bayi gw sehat dan selamat, gw pun setuju =) Akhirnya bayi dibawa pergi, dan gw dibersihin, didorong ke ruang pemulihan.

Sempat ketiduran sebentar, buka mata lihat si Mas nyamperin gw. Kita masih ga percaya detik itu juga bahwa kita sudah menjadi orangtua dan si Mas pun masih takjub dengan ngomong berulang kali "ada makhluk di dalam makhluk, subhanallah" trus setelah itu kita cengar-cengir berdua, hihihi.

Well, alhamdulillah keluarga Rizqianto bertambah personil baru di tahun baru hijriyah ^^ ini foto-fotonyaa...

-ditenangin suami jjs ke Penvil dulu sebelum lahiran-



-mulai diobservasi untuk persiapan lahiran besok-


-foto jam 2 pagi kalo ga salah, how can I not love him :p-


and here is..Our beloved one..

MARITZA PUTRI HIJRIYAH (Aza)

Jakarta, 15 November 2012 (jam 07:36)
Berat badan : 2,9 kg
Tinggi badan : 49 cm

Welcome to Our World dear!!

Alhamdulillah..

2 comments:

hananafajar said...

whuaaa browsing-browsing nemu blog ini...
mba kiki cerita menjelang persalinannya mengahrukan.. dr kita sama, dr diah nan baik hati dan di KMC:)
huhu..aku prkiraan Maret nanti mba tl 11an. Doakaan yaa mba smga bisa lahir dgn selamat dan sehat:)

Qkooy said...

Wahh samaan kita spog nya :) salam tuk dr diah yaa,,aamiiin, smoga proses melahirkannya diberi kemudahan dan kelancaran :)