06 June 2012

Trimester Pertama


Setelah pulang dari KMC dan menemukan diri gw telah berbadan dua :p Gw langsung browsing semua informasi yang gw butuhkan tentang kehamilan. Banyak yang bilang trimester pertama (1-3 bulan) itu cukup berat, jadi gw pelan-pelan menelan semua informasi yang bisa gw dapet agar ga salah langkah dikemudian hari. Ini informasi-informasi yang gw dapet setelah nanya-nanya dr. Diah, nyokap, temen, dan liat-liat info di internet:


Hal-hal yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat kehamilan:
Makanan mentah / setengah matang (salmon sashimi jelas ga boleh, huhuhu, ada yang bilang boleh-boleh aja, tapi gw cari aman aja, walaupun harus nelen ludah setiap ngliat salmon sashimi di sushi tei :p


Makanan yang dibakar (seperti sate, karena dikhawatirkan masih belum matang sepenuhnya)


Makanan/minuman yang terdapat MSG (perasa makanan) dan pengawet (musuh utama gw saat ini adalah Mie, huhuhu, padahal kan enak yaaa. Apalagi indomie rasa empal gentong pake telor setengah mateng dimakan anget-anget, hiksssss, terus gmna kabarnya chitato, pringless! cheetos, lays, kusuka yang selalu gw beli setiap mampir ke indomaret huahuahuahua*lgsg dipelototin masnya* kqkqkqkq, demi demi demi bayiii)


Minuman yang mengandung kafein (termasuk kopi dan teh, karena ternyata teh juga mengandung kafein lohhh)


Mayonaise (ada beberapa mayonaise yang berasal dari telur mentah, cari aman lagi yukkkkk)


Kambing+duren (T_______________________T”) (Selain indomie, yang anget-anget paling gw suka itu sop kaki kambing, pas pacaran sm #beruang kita bisa ampir tiap minggu makan sop kaki kambing di daerah tebet, jadinya sekarang ga bisaaa, zzzzzzzzzzzz, tapi #beruang karena gw ga boleh, jadinya skrg juga jarang makannya, hihihihi *ketawa licikkk ada temen sependeritaan*. Dureenn? Gaaa..ga terlalu sering makannya, tapi tetep celeguk celeguk juga kalo liat duren monthong :p iyaaaaah, demi bayiii :*)


Terakhir, obat-obatan yang tidak direkomendasikan sama dokter kandungan  =)


Makanan dan minuman yang dianjurkan untuk diicip-icip pada saat kehamilan:
Sayuran Hijau (untuk orang-orang yang kenal gw, pasti tw gw ga suka sama sayur, tapi demiii bayi dlm perut, gw bela-belain makan semua sayur, apalagi sayur bayam yang emang bagus untuk kehamilan :p)


Bubur Kacang Hijau


Susu (Pas gw tanya dr. Diah, susu hamil apa yang kira-kira bagus, menurut beliau boleh susu apa aja, UHT juga oke, lebih enak dan seger daripada susu hamil, hehehe, Es Krim dan Keju yang mengandung susu juga dianjurkan)


Buah-buahan (untuk buah-buahan gw ga terlalu maksain buah-buahan tertentu. Gw beli buah-buahan yang gw suka. Mangga, alpukat, pisang, kelengkeng, leci, dll. Tapi gw lupa pernah baca dimana, kelengkeng memang bagus, tapi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Gw pernah kebablasan makan banyak kelengkeng, entah karena kelengkengnya atau bukan tapi setelah itu perut gw agak sakit, jadi makan kelengkengnya mulai dijarangin. Dapet masukan juga dari temen gw, banyak-banyak konsumsi Kiwi Golden, ternyata rasanya enak dan ga terlalu asem ^^)


Salmon (tentunya salmon mateng yaa, selain salmon gw juga konsumsi semua ikan, lele, gurame. Emang dasarnya suka ikan, jadi ya hayuukk aja)

Emang dasarnya dulu makanan-makanan yang gw konsumsi ga sehat si yaaaaa *walaupun enak-enak, teteeeeep*jadinya sekarang masih adaptasi *tsaaaaaah*. Tapi bismillah bisa ga konsumsi  7 jenis yang gw sebutin di atas pelan-pelan, bismillah bismillah ^^

Selain adaptasi sama makanan-makanan di atas, tubuh gw juga ternyata harus adaptasi dengan adanya kehadiran makhluk mungil nan luchukkk didalam sana, ini beberapa diantaranya:
Awal-awal hamil, jadi suka ngantuk. Di kereta tidur, kantor kreyep-kreyep, sampe rumah langsung tidur  =))


Mual dan muntah. Ini gw alami waktu minggu ke-7 trus lompat lagi minggu ke-10, 11 dan 12. Biasanya setelah makan apalagi yang terlalu berbumbu, gw pasti mual dan kalo udah semakin ga tahan, ke kamar mandi, langsung muntah, zzzzz. Tapi semakin ksini, mual dan muntahnya semakin berkurang ko =)


Badan pegel-pegel, terutama bagian sekitar pinggang. Kalau udah rebahan bentar, ibaratnya badan+kakinya udah lurus lagi kan, pas bangun lagi ya Allah jangan ditanya rasanya tu pinggang. Kalo udah sakit bgt, gw bisa nangis sesenggukan sambil mandi :”) Untungnya stelah tanya dr. Diah boleh pijit atau ga, jawabannya bolehhh, dijadwalin satu bulan sekali d \(^,^)/


Mood jadi suka naik turun.  Jangan ditanya lagi kalo yang ini. Karena hal-hal sepelepun, gw bisa tiba-tiba nangis ga jelas, yang jadi korbannya disini, siapa lagi kalo bukan #beruang, hihihihi. Gw bisa nangis sesenggukan karena #beruang komentar ttg nasi goreng yang kurang gula atau garem, atau karena baju yang kelunturan baju lain, hihihi, tapi biar #beruang ga bingung, tentunya gw nangis sesenggukannya di kamar mandi =))


Payudara jadi semakin sensitif. Bukan porno yaaa. Tapi emang jadi lebih sensitif, kegesek baju aja jadi agak sakit.


Suhu badan naik. Kalo ini si Mas yang nyadar pertama kalinya “ko badan kamu anget ya tiap malem?” hasil browsing-browsing katanya wajar, tapi nanti mau coba tanya dr. Diah dulu d untuk lebih pastinya.


Kepala jadi sering migrain. Dari sebelum nikah, gw emang sering sakit  migrain. Biasanya bs sembuh dengan sendirinya atau setelah minum panadol merah. Nahh, kan kalo hamil ga boleh minum obat-obatan, apalagi panadol merah. Jadinya, TERSIKSA. Selama hamil, udah 2 kali migrain. Pertama, migrain selama 3 hari waktu long weekend, hiksss. Mau dimiringin ke kanan atau ke kiri, dibawa tidur sampe bangun lagi, tetep ada migrainnya, huhuhu. Ngeliat gw migrain, #beruang juga luchu, panikk, hihihi karena ga tau harus gimana, akhirnya dielus-elus dan dipijit-pijit kepalanya, tapi kurang lama, hahaha..lain kali lebih lama lagi ya sayaaaang :p Migrain yang kedua, Alhamdulillah cuma sehari, dibawa tidur langsung ilang besok paginya =)


Penciuman jadi lebih sensitif. Setelah hamil, yang tadinya gw betah mendekam di kamar mandi untuk ngumpulin nyawa :p sekarang boro-boro lama, 5 menit mandi aja udah bagus, kqkqkq, pokonya kamar mandi harus wangi, kalo ga bakalan mual T___T” Selain kamar mandi, gw jg jadi sensitif sama wangi parfumnya #beruang =)) Sebelumnya, gw suka bangettt, tapi kalo sekarang #beruang harus pake parfumnya di kamar sebelah, hihihihi *salim suami*.


Selama 1-3 bulan ini, hal-hal diatas yang gw alamin selama ini. Semoga di Trimester berikutnya akan jadi lebih enakan lagi badannya, aaammiiinn ^^

No comments: